Rabu, 07 Oktober 2009

Segelas Air Kehidupan

Tahukah kamu? segelas air dapat memberi kehidupan. Air yang seringkali kita lupakan ternyata memiliki berjuta manfa'at bagi tubuh kita khususnya.

Jika tubuh kekurangan air, maka akan terjadi suatu kondisi yang disebut sebagai dehidrasi dalam istilah kedokteran. Kondisi ini dapat kita kenali ciri-cirinya melalui air seni kita. Jika warnanya cenderung kuning kecoklatan, maka dapat disimpulkan tubuh kita mengalami dehidrasi. Tingkat dehidrasi dapat bervariasi, semakin jernih warna air seni seseorang, berarti semakin rendah tingkat dehidrasi yang dialaminya.

Warna yang muncul pada air seni adalah kotoran sisa hasil pembakaran dalam sel-sel tubuh yang diangkut oleh darah dan kemudian difilter oleh ginjal (dan zat-zat lain yang larut didalamnya tentunya). Bayangkan jika kotoran tersebut menumpuk didalam darah, sementara volume air dalam tubuh kita lebih sedikit dari kondisi normal. Maka ginjal akan bekerja lebih berat dan warna air seni menjadi lebih keruh. Seperti yang kita tau, kotoran dalam tubuh harus dikeluarkan secara teratur, jika tidak maka dapat menimbulkan penyakit.

Hampir sebagian besar penyakit yang diderita manusia berawal dari kondisi kebersihan darah. Jika darah yang mengalir dalam tubuh relatif bersih, maka viskositasnya akan rendah, dan alirannya pun lancar. Sebaliknya jika darah banyak mengandung kotoran dan zat-zat makanan berat, viskositas darah akan tinggi. Hal ini dapat memicu berbagai hal, seperti hypertensi, stroke, kanker, tumor dan penyakit jantung koroner.

Tingkat viskositas darah sangat bergantung pada jenis makanan yang masuk kedalam tubuh. makanan dengan kadar kolesterol tinggi akan cenderung meningkatkan nilai viskositas darah. Nilai viskositas akan menurun jika tubuh mendapatkan asupan air yang cukup. Para ahli kesehatan merekomendasikan, setidaknya dalam sehari seseorang membutuhkan sekitar 8 liter air untuk dimasukkan kedalam tubuhnya, agar viskositas darah tetap normal.

Nah bagaimana dengan kita.....??
Pernahkan terpikirkan, bahwa menjaga tubuh tetap sehat itu ternyata lebih murah dibandingkan dengan mengobati setelah penyakit datang. Hanya dengan beberapa teguk air putih (8 liter), maka Insyaa4JJI tubuh menjadi sehat dan siap beraktivitas.

Ayoo....kita biasakan minum air putih....mulai sekarang.

Dedicated to Qoni
ACES'er yang sedang terbaring dan berjuang melawan tumor....
May 4JJI gives him more power and patience....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar